Skip links

5 Pura di Nusa Penida Favorit Wisatawan

5 Pura di Nusa Penida Favorit Wisatawan – Nama Pulau Nusa Penida mungkin sudah tidak asing di telinga wisatawan lokal maupun mancanegara yang pernah mengunjungi Bali. Sebagai salah satu pulau yang masuk dalam Provinsi Bali, Nusa Penida merupakan objek wisata yang paling digemari pelancong.

Bukan cuma karena memiliki pantai yang indah dan eksotis, tapi juga di pulau ini terdepat beberapa pura terkenal yang dijadikan sebagai destinasi utama bagi turis yang ingin merasakan wisata religi.

5 Pura di Nusa Penida Favorit Wisatawan

  1. Pura Paluang  

Pura Paluang bisa dikatakan sebagai pura paling unik yang akan Anda kunjungi di Bali. Kuil ini sering disebut “Bali Car Temple” oleh wisatawan, atau “pura mobil” oleh penduduk setempat. 

pura paluang atau pura mobil nusa penida
Pura ini berada dalam komunitas lokal Sebun Ibus di Desa Karangdawa, Nusa Penida. Kuil ini terletak di dalam hutan monyet dan menghadap ke Samudra Hindia. Dibangun dari batu pasir putih dan memiliki fitur kuil yang dibangun menyerupai rumah kecil antara dua mobil – jip dan VW – yang diukir dari batu. 

  1. Pura Segara Kidul

Candi Segara Kidul Guyangan adalah salah satu tujuan wisata religi di Nusa Penida yang terletak di sekitar mata air Guyangan. Pura ini terletak di Desa Batu Kandik, Kabupaten Nusa Penida. 

Pura-Segara-Kidulnusa penida
Awalnya, Mata Air Guyangan adalah sumber air bersih bagi masyarakat sekitar, dan seiring berjalannya waktu, lokasi ini menjadi salah satu tujuan wisata di Nusa Penida. 

Saat ini, tidak diperbolehkan untuk berenang / berendam / mandi di kolam kaena sekarang telah menjadi daerah suci. Jika Anda ingin mandi atau melukat (dalam bahasa Bali), tersedia lokasi di bawah kolam dengan pancuran langsung dari mata air.

  1. Pura Goa Giri Putri

Kuil Goa Giri Putri adalah salah satu atraksi budaya utama Pulau Nusa Penida. Tempat ini berada di Desa Suana, di bagian timur laut Penida. 

pura goa giri putri nusa penida
Di pura ini, ada total enam tempat sembahyang. Ini termasuk tangga sebelumnya ke kuil Ida Hyang Tri Purusa lan Ganapati di pintu masuk. Lima tempat tersisa ada di dalam. Para peziarah yang berkunjung harus melalui semuanya, secara berurutan. 

Fitur unik lain dari gua kuil ini adalah tempat sembahyang terakhir. Ini dikhususkan untuk dewa-dewa Cina seperti Guan Yin, atau Dewi Pengasih, serta dewa bumi dan langit. 

  1. Pura Penataran Ped

Pura Penataran Ped, juga dikenal sebagai Pura Dalem Ped, adalah salah satu candi suci yang terletak tepat di lepas pantai Pulau Bali, di pulau Nusa Penida. Lokasi ini dianggap sebagai salah satu Pura Kahyangan Jagat, yang berarti, Pura Penataran Agung Dalem Ped memainkan peran yang sangat penting khususnya kehidupan spiritual lokal Bali sejak dulu. 

Pura Dalem Ped Nusa Penida Bali
Pura ini dikatakan memiliki sejarah kelam. Tempat untuk menyembah pelindung pulau, Wong Samar (orang suci yang tidak terlihat oleh mata normal). 500 Wong Samar ini pernah dikendalikan oleh penguasa jahat, Ratu Gede Nusa, yang dengan sihir hitamnya menyebarkan penyakit dan kejahatan.

  1. Pura Puncak Mundi

Candi-candi di Nusa Penida didirikan dengan keunikan bentuk, relief, dan ornamen lain yang berbeda dengan candi-candi lain di Bali. Salah satu candi tersebut adalah Pura Puncak Mundi Nusa Penida yang terletak di puncak bukit Bukit Mundi. 

pura puncak mundi di nusa penida
Biasanya, umat Hindu yang melakukan tirta yatra ke Nusa Penida, akan melakukan pemujaan di Pura Puncak Mundi terlebih dahulu, kemudian ke Pura Dalem Ped. 

Pura Puncak Mundi terdiri dari tiga pura, yaitu Pura Beji sebagai tempat pemujaan pertama, Pura Krangkeng dan Pura Puncak Mundi sebagai tempat berdiri Ida Batara Lingsir. 

Informasi Lengkap Hubungi :

Desa Toyapakeh, Nusapenida, Klungkung Regency, Bali
Phone : +6285237146445 |
Whatsapp : +6285237146445
info@novanusapenida.com

BACA  GT Toya Pakeh Nusa Penida

Leave a comment