Skip links

Pura Puser Sahab Nusa Penida

Pura Puser Saab Nusa Penida adalah salah satu Pura Sad Kahyangan Jagat di Nusa Penida. Pura ini terletak di Banjar Dehan, Desa Batumadeg, sekitar 14 km dari kota kecamatan. Arsitektur Pura Puser Saab sangat unik, terutama dinding penghalang Pura ini. Di Mandala utama (arena) Pura ini, ada Bale Sekenem dan Pelinggih Sanghyang Ganapati, tempat untuk menyimpan Patung Ganesha dan patung perwujudan lainnya, antara lain adalah perwujudan arca Bhatara Bhatari, yang merupakan 13 patung utuh, dan 18 patung fragmen. Pura ini memang tidak setenar Pura Penataran Ped dan Pura Puncak Mundi dan masih misterius.

Sejarah Pura Puser Saab Nusa Penida

Seperti yang dikutip oleh Shadeg (2007; 420) dan Sutjaja (2006: 793), kata "Sa (h) ab" memiliki arti penutup / saeb dan kombinasi dengan kata "puser" (inti / tengah), menjadi pusat atau inti penjaga alam. Hal ini karena Pura ini memiliki hubungan langsung dengan Puncak Mundi dan Pura Dalem Ped.

Pura Puser Saab dibangun sejak jaman Prabu Renggan yang juga dibangun Pura Puncak Mundi. Awalnya, Prabu Renggan membangun padma yoni menghadap ke arah timur. Setelah selesai pelinggih antara Pura Puser Saab dan Pura Puncak Mundi, Ia terus membangun beberapa pelinggih di Pura Puser Saab, Linggih Bhatara Arca, dimana bangunannya mirip dengan bangunan Pura di Nepal. Selanjutnya, ia juga membangun beberapa pura lainnya, yaitu Pura Batu Medau (Desa Suana), Pura Penida (Penida, Sakti), Pura Dukuh Jumpungan (Sukun, Batukandik).

UNTUK DESTINATION KE NUSA PENIDA BERSAMA NOVA NUSA PENIDA BISA DI BACA DISINI OBYEK WISATA NUSA PENIDA
BACA  Pura Roro Kidul Guyangan Nusa Penida

Tempat Pemujaan Pura Puser Saab

Pura ini terdiri dari tiga Pura pelaban, yaitu Pura Batu Paras di sebelah timur, Pura Ratu Gede Dalem Selimpet di sebelah selatan, dan Pura Puser Saab di tengahnya. Pura Batu Paras sebagai tempat penglukatan. Candi Ratu Gede Selimpet di mana setiap pujauhim memberikan persembahan dengan kandungan daging babi mentah yang lengkap. Ratu Gede Selimpet Pura ini dibangun setelah pelebon (kremasi besar) Ratu Mas Mecuet. Melalui pewisik (wahyu), ia menginginkan sebuah pelinggih dibuat untuknya (pura dalem) di Selimpet. Oleh karena itu dikenal Pura Candi Ratu Gede Selimpet (linggih Ida Ratu Gede Mas Macuet) berdiri di Pelinggih bebaturan (yayasan) Selimpet (Mrajapati) dan menjadi rencang-rencang dari Ida Bhatara Puser Saab.

[us_message color="green" icon="fa-map-marker"]UNTUK PAKET TOUR KE NUSA PENIDA BERSAMA NOVA NUSA PENIDA BISA DI BACA DISINI PAKET TOUR[/us_message]

Pura Puser Saab ditandai dengan sebuah batu pancer besar di pusat mandala utama (arena) Pura. Melalui pewisik (wahyu), pada saat renovasi pelinggih Gedong Arca linggih Ida Bhatara Gana tidak dipindahkan dari batu pancer. Tepat pada saat itu, Pura Puseh Saab mengalami perubahan nama menjadi Pura Puser Saab. Satu-satunya Pura Sad Kahyangan di Nusa Penida yang memiliki banyak patung dan misterinya adalah jumlah patung yang terus berubah, bisa sedikit atau banyak. Pada saat pembuatan karawista, jumlah patung sudah terhitung sesuai dengan angka. dari prelingga mereka, tapi setelah mereka ditetapkan, karawista akhirnya berkurang. Bisa dilihat setelah sasih (bulan) kawulu, jumlah statuesis banyak, sedangkan di sasih (bulan) itu berkurang. Jika terjadi gempa, area utama mandala (arena) tidak merasakan getarannya, sejak saat itu orang menyebutnya Pura Puser Saab. Sebelum upacara yadnya di Nusa Penida, nunas tirta akan digelar di Pura Puser Saab untuk meminta kelancaran upacara.

BACA  Pura Paluang ( Pura Mobil )

Leave a comment